Berita

Tidak hanya Jet F-16, TNI Lebih 4 Kapal Perang di Natuna

Tidak hanya Jet F-16, TNI Lebih 4 Kapal Perang di Natuna

Tidak hanya empat pesawat jet F-16 yang sudah melaju, TNI meningkatkan armada kapal perangnya di Perairan Natuna. Empat kapal perang dikerahkan http://megapoker88a.com/ menguatkan pertahanan, kapal-kapal itu memiliki potensi anti-kapal selam serta anti-serangan udara. “Empat kapal telah tiba di tempat, sekarang keseluruhan ada delapan kapal,” kata Kepala Dinas Penerangan Komando Armada (Koarmada) I, Letkol Laut (P) Fajar Tri Rohadi, pada wartawan, Selasa (7/1/2020).

Masalah beberapa nama kapal itu, faksi Koarmada I pilih rahasiakan untuk sesaat waktu. Tetapi pada umumnya, delapan kapal yang tengah ada di laut Natuna yaitu tipe light korvet, frigate, serta oiler (tanker). Korvet memiliki potensi (pertahanan) di permukaan, anti-kapal selam, anti-serangan udara, serangan udara. Tetapi ini bukanlah operasi tempur, cuma menyingkirkan kapal,” kata Fajar. Contoh kapal korvet ialah adalah KRI Tjiptadi 381. Diluar itu, ada kapal tipe frigate yang memiliki potensi pertahanan udara juga. Ukuran kapal serta persenjataan tipe frigate semakin besar daripada korvet.

Baca juga : Pemerintah China Umumkan Pembuatan Software Khusus Negaranya

Kapal tipe frigate umum dikatakan sebagai destroyer dalam militer Inggris. Contoh kapal frigate ialah KRI Usman Harun 359 serta KRI John Lie 358. Tidak hanya kapal korvet serta frigate, ada juga kapal oiler (tanker) untuk isi bahan bakar kapal-kapal yang lain yang berpatroli di Natuna. Tentang menambahkan armada tempur di laut tapal batas ini, awalnya dikabarkan, empat jet tempur F-16 sudah melaju dari Pangkalan Udara (Lanud) Roesmin Nurjadin (Rsn) Pekanbaru ke Natuna. Pesawat tempur F-16 itu akan melakukan operasi Lintas Elang 20.

Perubahan 4 pesawat tempur F-16 ke Natuna adalah perintah dari Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto. Akan tetapi, menurut dia ini adalah latihan teratur. Munculnya rumor Natuna ini ialah buntut dari klaim China atas lokasi perairan itu.

Comment here