Berita

Uji Coba Skema 2-1, Tidak Semua Jalan Ke Pucuk Dapat 3 Lajur

Uji Coba Skema 2-1, Tidak Semua Jalan Ke Pucuk Dapat 3 Lajur

Jalan Raya Pucuk, Kabupaten Bogor sedang diuji-coba skema 2-1. Kasat Lalu Polres Bogor AKP Fadli Amri menjelaskan tidak semua ruas jalan dapat jadikan tiga lajur. Ia menjelaskan, luas atau besar Jalan Raya Pucuk berbeda atau homogen. “Jadi ada banyak ruas jalan yang cuma dipasang satu lapis traffic cone saja,” kata Fadli, di TMC Gadog, Megamendung, Kabupaten Bogor, Minggu (27/10/2019).

Walau ada banyak ruas jalan yang dipasang satu lapis cone saja, Fadli mengutarakan kendaraan masih dapat meluncur dua arah. Meskipun begitu, AKP Fadli belum dapat mengatakan beberapa titik mana yang tidak dapat diaplikasikan 3 lajur. Sebab jika kita pasang tiga lapis traffic cone, justru kelak ia membuat sedikit jarak yang tidak dapat digunakan dengan maksimal. Untuk traffic cone, telah terpasang semua dari Gadog sampai Taman Safari Indonesia,” lanjut ia.

Baca juga : Agus Gumiwang Kartasasmit Dipanggil Hadir Ke Istana Negara

Fadli menjelaskan, arus jalan raya di Jalan Raya Pucuk sedikit padat di sejumlah titik. Tetapi hal tersebut, sambungnya, tidak mengakibatkan kendala yang bermakna. Untuk personil, kata Fadli, ada seputar 350-400 petugas kombinasi yang di turunkan buat menertibkan lalu lintas. Pada aplikasi eksperimen skema 2-1 ini, sambungnya, kendaraan masih dapat memutar balik. Ada 7 putaran balik yang dibikin supaya jalan raya tidak terganggu. Jika untuk putar balik yang besar itu ada 7 titik. Tetapi personil telah ditebar, jika pengendara ingin putar balik, tentu kita fasilitasi. Dengan catatan, jika warga ingin putar balik, semestinya disamping ruas jalan yang lebar. Tujuannya di kanan atau kiri jalan, ada seperti rest ruang. Hingga, kendaraan tak perlu maju atau mundur yang dapat menyebabkan kendala tertentu,” jelasnya.

Terlihat di sekitaran Simpang Gadog, arus jalan raya dari Exit Tol Ciawi ke arah Pucuk Pass, sedikit macet. Kendaraan dari ruas jalan ini cukup padat. Sesaat dari arah Cisarua ke arah Ciawi atau ke bawah ramai lancar. Kelihatan juga beberapa petugas Tubuh Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ) serta polisi, lakukan publikasi. Poster yang digenggam ini tertulis ‘Save Puncak’, ‘Cimory Taman Safari Gunung Mas Kangen Alam Riung Gunung, Mengambil Lajur Kanan’, serta ‘2 Lajur Arah Puncak’.

Comments (1)

  1. […] Uji Coba Skema 2-1, Tidak Semua Jalan Ke Pucuk Dapat 3 Lajur October 27, 2019 […]

Comment here