Berita

Sampah Kembali, Pemkab Bekasi akan Gusur Bangunan Liar Seputar Kali Bahagia

Sampah Kembali, Pemkab Bekasi akan Gusur Bangunan Liar Seputar Kali Bahagia

Lautan sampah di Kali Bahagia, Kabupaten Bekasi, ada . Pemkab Bekasi juga akan membuka bangunan liar di seputar Kali Bahagia untuk memudahkan situs togel proses pembersihan. Sekretaris Lurah ditempat, Mawardi, menjelaskan bentangan sampah di saluran Kali Bahagia sekarang sampai 1 Km. Ia menjelaskan salah satunya permasalahannya ialah minimnya kesadaran warga. “Kira-kira 1 Km,” tutur Mawardi, Kamis (17/10/2019) malam.

Lautan sampah itu kembali tercipta seputar 4 hari yang kemarin. Mawardi menyebutkan sampah kembali penuhi Kali Bahagia sebab tingkah warga sendiri. “Pertama kesadaran warga, saya bisa laporan pernyataan dari warga jika banyak masyarakat buang sampah larut malam di kali, (lalu) akibatnya karena pengangkutan sampah dari Dinas Lingkungan Hidup yang tidak layani tiap hari, sebab armadanya terbatas untuk kelurahan kita itu paling satu hari itu 3 kendaraan. Sesaat kita kan ada 52 RW, satu kendaraan itu cuma dapat layani 3 RW, jadi satu hari hanya (layani) 9 RW, masih ada tersisa 43 RW yang tidak terlayani dalam satu hari,” tutur Mawardi.

Baca juga : Istri Wabup Bone Terduga Korupsi PAUD, Ini Pendapat Penyimpangannya

Masyarakat seputar, ucap Mawardi, sebetulnya sudah lakukan tindakan gotong royong bersihkan kali. Tetapi, hal tersebut tidak efisien sebab dikerjakan dengan manual tanpa alat berat. “Alat berat kan tidak dapat masuk sebab ada bangunan liar,” tutur Mawardi. Dari catatan Mawardi, ada 204 bangunan liar yang berdiri di pinggir Kali Bahagia. Dari lautan sampah Kali Bahagia viral pada Juni 2019 sampai saat ini, bangunan liar itu belum ditertibkan.

“150 kubik, jika ditonkan kira-kira 100 ton (lautan sampah),” tutur Mawardi. Sampah itu memunculkan berbau tidak enak sampai nyamuk. Ia menyebutkan sampah-sampah itu punya potensi memunculkan banjir atau membuat laut tercemar plastik.

Comment here