Berita

Yenny Wahid Serta Benny Wenda Terjebak Debat Panas Masalah Papua

Yenny Wahid Serta Benny Wenda Terjebak Debat Panas Masalah Papua

Putri Presiden ke-4 RI Abdurrahman Wahid, Zannuba Ariffah Chafsoh atau Yenny Wahid, terjebak debat panas dengan tokoh separatis Papua Benny Wenda. Yenny mengutamakan dialog, sedang Benny ngotot ingin merdeka. Debat itu berlangsung di acara The Stream, Al Jazeera, diupload di YouTube pada 5 September 2019, dikutip detikcom, Senin (8/9/2019).

Benny bicara jika Indonesia sudah menempati Papua yang sudah dijanjikan kemerdekaan oleh Belanda semenjak 1961. Menurut dia, Indonesia tidak punyai hak untuk menempati Papua saat itu. Benny memberikan tambahan masalah ketidaksamaan di antara Papua serta daerah lain di Indonesia jadi fakta memisahkan diri.

Baca juga : Anak Bungsu Muhammad Mursi Wafat Karena Sakit Jantung

“Kami sudah terpisah, kami berlainan, dengan geografis, budaya, bahasa, kami tidak sudah pernah jadi sisi Indonesia. Itu mengapa mereka menyebut kami monyet,” kata Benny mengacu pada kejadian ajaran bersuara rasisme di Surabaya pada pertengahan Agustus tempo hari. Yenny mengatakan keragaman suku bukan bermakna rintangan untuk dapat menyatu dalam frame Indonesia. Hidup bersama dengan dapat dibina melalui proses politik yang baik.

“Beragamnya barisan etnis bukan bermakna kita tidak dapat hidup dalam serasi. Yang kita perlukan ialah proses politik. Mengambil contoh Amerika Serikat, ada beberapa orang dari banyak etnis serta latar, tetapi mereka dapat hidup koeksis dengan damai,” kata Yenny.

Comments (1)

  1. […] Yenny Wahid Serta Benny Wenda Terjebak Debat Panas Masalah Papua September 8, 2019 […]

Comment here