Berita

Tanggapan Istana LPSK Berhentikan Service Sebab Minim Budget

Istana Tanggapan LPSK Yang 'Ancam' Hentikan Service Sebab Minim Budget

Kepala Staf Presiden (KSP) Moeldoko memberi respon Instansi Perlindungan Saksi serta Korban (LSPK) yang menjelaskan akan tutup service karena budget mereka terus alami penurunan. Dia memperjelas pemerintah tidak biarkan LPSK mati. “(LPSK) penting, membuat perlindungan saksi. Tidak sedikit ada juga pemerintah akan meniadakan Data Sgp atau menganulir. Belum pernah dibahas,” kata Moeldoko pada detikcom, Minggu (25/8/2019) malam.

Moeldoko mengatakan LPSK mempunyai peranan penting dalam memberi perlindungan pada beberapa saksi serta korban. Ia juga menyebutkan pemerintah akan memberi perhatian pada budget LPSK. Dia menjelaskan akan bertanya tentang budget LPSK di tahun 2020 ke Menteri Keuangan Sri Mulyani. “Kami masih melihat LPSK jadi instansi yang penting membuat perlindungan korban serta saksi. Cuma saya belum memahami budget waktu lalu serta akan tiba berapakah,” katanya.

Baca juga : Memahami Tentang Penjelasan Masyarakat Dan Unsur-Unsur Nya

“Saya esok coba bertanya ke menkeu. Saya tidak dapat menjawab, itu menteri keuangan yang punyai otoritas, saya bertanya dahulu tempatnya. Itu prosesnya,” tambah Moeldoko. Dikabarkan, LPSK menyalahkan masalah budget LPSK di tahun 2020 yang cuma Rp 54 miliar. Mereka menjelaskan budget untuk LPSK terus alami penurunan dalam lima tahun paling akhir.

Sekjen LPSK Noor Sidharta menjelaskan bukan tidak mungkin bila LPSK hentikan service. Karena, katanya, budget sejumlah Rp 54 miliar itu cuma untuk mendukung ongkos operasional LPSK sepanjang 4 bulan. “Apa berarti, jadi ada peluang di tersisa waktu tahun 2020 itu ialah 8 bulan, ada peluang LPSK dapat hentikan servicenya serta ini nightmare, ya, mimpi jelek, semoga jangan,” kata Sidharta di Bumbu Desa, Jalan Cikini Raya, Cikini, Menteng, Jakarta Pusat, Minggu (25/8).

Ketua LPSK Hasto Atmojo juga mengharap Presiden Joko Widodo (Jokowi) selekasnya memberi respon rumor yang ditemui LPSK. Menurut Hasto, Jokowi harus memberi perhatian lebih pada LPSK. “Ya saya mengharap Pak Jokowi dengarkan aduan kami ini. Sampai kini kelihatannya perhatian pemerintah itu kurang demikian besar pada instansi seperti LPSK ini,” kata Hasto.

Comment here