Masyarakat

Memahami Tentang Penjelasan Masyarakat Dan Unsur-Unsur Nya

Memahami Tentang Penjelasan Masyarakat Dan Unsur-Unsur Nya

Pengertian Masyarakat

Article – Apa yang dimaksud dengan masyarakat? Pengertian Masyarakat adalah sekelompok orang yang hidup bersama dalam suatu wilayah dan membentuk suatu sistem, baik semi terbuka maupun semi tertutup, dimana interaksi yang terjadi di dalamnya adalah antar individu dalam kelompok.

Secara etimologis kata “komunitas” berasal dari bahasa Arab, yaitu “musyarak” yang berarti hubungan (interaksi). Jadi definisi masyarakat adalah sekelompok orang yang hidup bersama di suatu tempat dan berinteraksi satu sama lain dalam komunitas reguler.

Suatu masyarakat terbentuk karena setiap manusia menggunakan perasaan, pikiran, dan keinginannya untuk bereaksi terhadap lingkungannya. Ini menunjukkan bahwa manusia adalah makhluk sosial yang secara alami saling membutuhkan.

Berikut Pengertian Masyarakat Oleh Beberapa Ahli :

1. Paul B. Harton
Menurut Paul B. Harton, pengertian masyarakat adalah sekelompok orang yang relatif mandiri, hidup bersama dalam waktu yang relatif lama, menghuni daerah tertentu, memiliki budaya yang sama, dan melakukan sebagian besar kegiatan dalam kelompok orang ini. .

2. Ralp Linton
Menurut Ralp Linton, memahami masyarakat adalah sekelompok orang yang hidup dan bekerja bersama cukup lama sehingga mereka dapat mengatur diri mereka sendiri dan menganggap diri mereka sebagai entitas sosial dengan batas-batas yang jelas.

3. John J. Macionis
Menurut John J. Macionis, definisi masyarakat adalah orang-orang yang berinteraksi dalam bidang tertentu dan memiliki budaya bersama.

4. Soerjono Soekanto
Menurut Soerjono Soekanto, pengertian masyarakat adalah proses terjadinya interaksi sosial, interaksi sosial tidak akan mungkin terjadi jika tidak memenuhi dua syarat, yaitu interaksi sosial dan komunikasi.

5. Selo Sumardjan
Menurut Selo Sumardjan, pengertian masyarakat adalah orang yang hidup bersama dan menghasilkan budaya.

Jenis-jenis Komunitas Masyarakat

1. Masyarakat primitif / sederhana
Ini adalah tipe masyarakat di mana belum ada perkembangan signifikan dalam sains dan teknologi dalam kehidupan mereka. Umumnya orang-orang ini masih terisolasi dan sangat jarang berinteraksi dengan komunitas lain di luar komunitas mereka.

Karakteristik masyarakat primitif / sederhana adalah sebagai berikut :

  • Masyarakat masih miskin dalam hal pengetahuan dan kekayaan
  • Masih berdasarkan budaya leluhur
  • Menolak budaya asing di komunitas
  • Pemimpin dipilih berdasarkan garis keturunan

2. Masyarakat modern
Ini adalah tipe orang yang akrab dengan sains dan teknologi terbaru, dan menggunakannya setiap hari. Umumnya masyarakat sangat terbuka terhadap hal-hal baru dan sering berinteraksi dengan poker99 komunitas luar.

Karakteristik masyarakat modern adalah sebagai berikut :

  • Masyarakat sangat terbuka terhadap hal-hal baru
  • Setiap individu dalam masyarakat modern menghargai waktu
    Pemimpin dipilih berdasarkan kemampuannya
  • Mengandalkan logika dan tindakan rasional
  • Komunitas itu terdiri dari berbagai suku dan kelompok

Comment here